Tuesday, October 11, 2011

Cara Menggunakan FTP FileZilla

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol, program ini penting digunakan jika ingin memiliki website sendiri. Program ini bisa mengunggah file lengkap dengan folder-foldernya, di bawah ini akan saya jelaskan cara menggunakan FTP karena dalam tahap sebelumnya telah saya tulisakan cara membuat blog pribadi dengan domain dan hosting gratis. Karena nantinya membutuhkan FTP juga buat upload tema, plugin dan beberapa hal lainnya.


Unduh FTP FileZilla, sebenarnya FTP ada banyak tapi dalam kasus ini saya akan mempergunakan FileZilla, untuk itu klik di http://filezilla-project.org/download.php untuk mengunduhnya.

Install FileZilla yang sudah berhasil anda unduh tadi
Kemudian jalankan FTP dan anda akan menemukan tampilan seperti pada gambar di bawah ini, pada host isikan nama blog anda, username dan password sama seperti ketika akan login ke000webhost, kemudian klik Quickconnect. Perhatikan ada beberapa kolom, pada sebelah kiri adalah jendela komputer kita sedangkan sebelah kanan adalah kanan adalah jendela server blog kita. Untuk melakukan upload tinggal drag and drop saja, Jika dari kiri ke kanan adalah upload maka arah sebaliknya adalah download
Untuk kasus ini saya akan mencontohkan cara upload tema, saya mengambil salah satu tema dari sini, download kemudian ekstraklah.

Selanjutnya upload tema yang sudah diekstrak ke 000webhost, perhatikan lokasi uploadnya, jangan sembarangan, lebih jelasnya perhatikan gambar.
perhatikan pada bagian yang saya beri kota oranye, itu menunjukkan lokasi di mana kita harus mengunggah tema, kemudian kita tinggal drag and drop folder tema dari komputer lokal ke server. Pada kotak hitam (Queued files) menunjukkan sisa file yang menunggu proses upload, kotak ungu (Failed transfers) menunjukkan jumlah file uang gagal diunggah, kotak putih (Successful Transfers) menunjukkan jumlah file yang berhasil diunggah. Lalu apa yang harus dilakukan pada kotak ungu? Ikuti langkah berikutnya.

klik Failed transfers, seleksi semua file, klik kanan, reset requeue selected files
Proses B

Klik Queue files, klik kanan pada salah satu file dan klik Process Queue, ulangi proses A dan B jika masih ada file yang masuk Failed transfers.


Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

KOMENTAR OR NANYA-NANYA DISINI YA?